Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Desain Produk (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Eiger Adventure Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, uji instrumen penelitian, analisis linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji t Kualitas Produk (X1) diperoleh nilai t hitung 8,598 > t tabel 1,667 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), sedangkan Desain Produk (X2) diperoleh nilai t hitung -4,672 < -1,667 t tabel dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian berdasarkan uji f diperoleh nilai f hitung 90,659 > 3,130 f tabel dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa Kualitas Produk (X1) dan Desain Produk (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Nilai R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,724. Artinya variabel independen kualitas produk (X1) dan desain produk (X2) dapat mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 0,724 atau 72,4%, sedangkan sisanya 27,6% dipengaruhi variabel lain diluar variabel yang diteliti.
Copyrights © 2025