Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi
Vol. 4 No. 4: Mei 2025

Penerapan Perilaku Halal Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Berlabel Halal di Platform E-Commerce Shopee : Studi pada Gen Z di Kabupaten Bone

Heriyani, Heriyani (Unknown)
Fahrika, Andi Ika (Unknown)
Fitriani, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh halal lifestyle terhadap minat beli produk berlabel halal di platform e-commerce Shopee, khususnya pada Generasi Z di Kabupaten Bone. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei, data dikumpulkan dari 100 responden melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa halal lifestyle memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai T-statistic sebesar 9.623 (>1.96) dan p-value 0.000 (<0.05). Nilai koefisien sebesar 0.641 mengindikasikan bahwa semakin tinggi penerapan gaya hidup halal, semakin besar pula minat Generasi Z untuk membeli produk halal di Shopee. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku e-commerce untuk mengoptimalkan strategi pemasaran berbasis halal lifestyle, seperti meningkatkan transparansi sertifikasi halal dan menyediakan fitur pencarian khusus produk halal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EKOMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam ...