This study aims to determine the effect of entertainment costs, consisting of marketing and sales expenses and general and administrative expenses, on the net income of PT Unilever Indonesia Tbk, both partially and simultaneously. The data used are quarterly data for the period 2014-2023. All quarterly financial reports of PT Unilever Indonesia represent the population in the study, and the sampling method uses a convenience sampling technique. The study’s results found that general and administrative expenses affect the company’s net income, while marketing and sales expenses do not affect the company’s net income. The coefficient of determination produces a figure of 0.831 or 83.1%. The independent variables of General and Administrative Expenses and Marketing and Sales Expenses can explain the net income variable of PT Unilever Indonesia Tbk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh entertainment cost yang terdiri dari beban pemasaran dan penjualan serta beban umum dan administrasi, terhadap net income PT Unilever Indonesia Tbk, baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan adalah data triwulanan pada periode 2014-2023. Populasi dalam penelitian adalah seluruh laporan keuangan triwulan PT Unilever Indonesia Tbk. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian mendapatkan bahwa beban umum dan administrasi memiliki pengaruh terhadap net income perusahaan, sedangkan beban pemasaran dan penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap net income perusahaan. Koefisien determinasi menghasilkan angka sebesar 0.831 atau 83.1%. Artinya variabel net income PT Unilever Indonesia Tbk dapat dijelaskan oleh variabel independen beban Umum dan Administrasi serta Beban Pemasaran dan Penjualan.
Copyrights © 2025