Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan

TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF MUHAMMAD HUSEIN MELALUI YOUTUBE DALAM MEMBANGUN KESADARAN BERDONASI

Rizkia Alisa (Unknown)
Zamroji, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mendeskripsikan  teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein melalui Youtube dalam membangun kesadaran berdonasi. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein menggunakan empat dari lima teknik komunikasi persuasif menurut teori Onong Uchjana Effendy, yaitu: Pertama, teknik asosiasi dengan mengaitkan pesan kepada tokoh penting untuk membangun kredibilitas. Kedua, melalui penggunaan kata “kita” untuk menumbuhkan solidaritas emosional. Ketiga, teknik ganjaran, baik pay-off berupa transparansi donasi maupun fear arousing melalui visualisasi kondisi Gaza. Keempat, teknik tataan (icing) dengan penyusunan pesan verbal dan deskripsi video yang menggugah emosi. Kesimpulan: Muhammad Husein melalui Youtube-nya dalam membangun kesadaran berdonasi menggunakan empat teknik komunikasi persuasif yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran dan teknik tataan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dakwah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Jurnal Dakwah is focused on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to Dakwah and communication. The main objective of Jurnal Dakwah is to provide a platform for the international scholars, academicians, and researchers to share ...