Tujuan Penelitian: Untuk mendeskripsikan  teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein melalui Youtube dalam membangun kesadaran berdonasi. Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan teknik komunikasi persuasif Muhammad Husein menggunakan empat dari lima teknik komunikasi persuasif menurut teori Onong Uchjana Effendy, yaitu: Pertama, teknik asosiasi dengan mengaitkan pesan kepada tokoh penting untuk membangun kredibilitas. Kedua, melalui penggunaan kata “kita” untuk menumbuhkan solidaritas emosional. Ketiga, teknik ganjaran, baik pay-off berupa transparansi donasi maupun fear arousing melalui visualisasi kondisi Gaza. Keempat, teknik tataan (icing) dengan penyusunan pesan verbal dan deskripsi video yang menggugah emosi. Kesimpulan: Muhammad Husein melalui Youtube-nya dalam membangun kesadaran berdonasi menggunakan empat teknik komunikasi persuasif yaitu: teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran dan teknik tataan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025