Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan

MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PRILAKU PADA MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN DALAM PRESPEKTIF ISLAM

Kadir, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang bagaimana manajemen pendidikan berbasis prilaku pada manajemen mutu terpadu pendidikan dalam Islam Metode Penelitian: Kualitatif. Hasil Penelitian: Manajemen pendidikan berbasis prilaku sesungguhnya bertitik tolak pada manusianya. Mutu atau kualitas menggambarkan nilai sesuatu, apakah itu sebuah pekerjaan ataupun benda. Adapun dalam bidang pendidikan terkait dengan standar kompetensi kelulusan atau mutu itu sendiri. Mutu kelulusan terkait sikap keterampilan dan pengetahuan. Untuk itu ada empat pungsi utama yang dijadikan konsentrasi penilaian manajemen mutu antara lain: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan pengendalian. Adapun prilaku yang dimaksud adalah perangai, tabi’at, karakter, atau budi pekerti yang melekat dan mendarah daging sehingga menjadi ciri dan identitas sesuatu. Faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku antara lain: Kegiatan pembinaan dan motivasi, penanaman nilai-nilai budaya unggul, kepeminmpinan, komunikasi, pemberian hadiah, dan sanksi, strategic manajement, dan total quality manajemen (TQM). Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan Islam, Berbasis Prilaku, dan Manajemen Mutu Terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dakwah

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Jurnal Dakwah is focused on publishing the original research articles, review articles from contributors, and the current issues related to Dakwah and communication. The main objective of Jurnal Dakwah is to provide a platform for the international scholars, academicians, and researchers to share ...