Boikot produk pro-Israel merupakan isu yang sedang hangat dibicarakan di media sosial, baik di Indonesia maupun di dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diskusi yang berkembang, sentimen, dan emosi yang ada pada netizen Indonesia mengenai boikot produk pro-Israel sebelum dan sesudah Fatwa MUI No.83/2023 rilis. Analisis word cloud, sentimen, dan emosi dilakukan pada dua dataset tweet yang berjumlah 1.827 tweet. Hasil analisis Menunjukkan bahwa diskusi tidak dipengaruhi oleh Fatwa MUI No.83/2023, ini menunjukan bahwa konsistensi topik boikot produk sangat tinggi. Sentimen mayoritas netizen Indonesia terhadap boikot produk pro-Israel adalah positif. Mayoritas netizen Indonesia mendukung penuh aksi boikot produk pro-Israel. Fatwa MUI No.83/2023 berpengaruh terhadap sentimen netizen Indonesia. Hal ini terlihat dari berkurangnya sentimen negatif dan netral setelah fatwa ini rilis, dan sebaliknya sentimen positif bertambah. Analisis emosi yang dilakukan menggambarkan bahwa sebelum dan sesudah Fatwa MUI No.83/2023 rilis, emosi yang dominan dirasakan oleh netizen Indonesia adalah sukacita dan kejutan. Kedua emosi tersebut mengindikasikan bahwa netizen Indonesia cukup senang dan mendukung penuh aksi boikot produk pro-Israel sebagai aksi penolakan terhadap genosida yang dilakukan Israel di Gaza, Palestina.
Copyrights © 2023