Jurnal AKP
Vol 6, No 2 (2015): Jurnal AKP - Desember 2015

PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN EMOSI ANAK PRASEKOLAH USIA 3-5 TAHUN

Andriawan, Feri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

ABSTRAKPengetahuan orang tua dalam perkembangan emosi anak memiliki peranan yang penting bagipenyesuaian pribadi dan sosial anak. Ibu sebagai orang tua terdekat untuk memberikan stimulasitumbuh kembang anak, sehingga dapat belajar mengekspresikan perasaan dan emosinya dengan meniruperilaku orang tuanya. Tujuan umum penelitian ini adalah mendiskripsikan pengetahuan ibu tentangperkembangan emosi anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Desa Brenggolo KecamatanPlosoklaten Kabupaten Kediri. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan variabel tunggal yaitu pengetahuan ibu tentangperkembangan emosi anak usia prasekolah. Instrumen peneltian dengan kuesioner dengan jumlah 15soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia prasekolah sejumlah 48orang, dengan jumlah sampel 48 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling dan diolahdengan analisa presentase serta disajikan dalam bentuk diagram pie. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan emosi anak prasekolah yaitu 25 responden(52,08%) dengan kategori cukup, 22 responden (45,83%) dengan kategori baik dan 1 responden(2,08%) dengan kategori kurang. Paling banyak hasil penelitian adalah kategori cukup, pengetahuanyang cukup tersebut dikarenakan informasi yang diperoleh responden dari orang lain atau media masakurang sehingga responden belum memahami tentang perkembangan emosi anak prasekolah Suatu upaya atau hal-hal yang perlu dilakukan agar pengetahuan tentang perkembangan emosianak tetap baik, peran perawat adalah terus memberikan motivasi dengan cara memberikan informasidan penyuluhan tentang perkembanga emosi anak.Kata kunci : Pengetahuan, Ibu, Perkembangan, Emosi, Prasekolah.

Copyrights © 2015