Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
Vol 4, No 2 (2024): Edisi Januari

ANALISIS DAYA SAING TERHADAP PENJUALAN SECARA ONLINE DAN OFFLINE UNTUK MENINGKATKAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KECAMATAN MEDAN KOTA

Azzahra, Rosya (Unknown)
Agustami, Eli (Unknown)
Sumiati, Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing penjualan secara online dan offline dalam rangka meningkatkan kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Medan Kota. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi daya saing UMKM, baik dari segi internal seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kendala dalam pemasaran, maupun eksternal seperti ketidaktepatan program dukungan dan tumpang tindih strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data yang objektif dan terukur. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada pelaku UMKM dengan metode purposive cluster random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk menguji pengaruh antara variabel-variabel yang diteliti, salah satunya melalui uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik penjualan online maupun offline memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan daya saing UMKM. Pemahaman terhadap strategi penjualan sangat penting bagi UMKM untuk merumuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan daya saing mereka di pasar yang semakin kompetitif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mulaqah

Publisher

Subject

Religion

Description

Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima ...