Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Pemerintah Indonesuia dalam meningkatkan tingkat literasi dengan menggunakan pendekatan kelembagaan yang berfokus pada dua dimensi yaitu dimensi regulasi dan dimensi tingkat kebijakan. Metode riset menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive dan snowball. Hasil riset ini menunjukkan bahwa berdasarkan dimensi kelembagaan, Pemerintah Indonesia memiliki regulasi yang mengatur sistem pendidikan nasional, perpustakaan, perbukuan, dan bahasa. Kemudian, memiliki program literasi dalam lingkup sekolah, lingkup masyarakat, dan lingkup keluarga. melakukan upaya berupa penyediaan buku baik luring maupun daring. Berdasarkan dimensi tingkat kebijakan literasi, kebijakan-kebijakan literasi di Indonesia sudah mencapai seluruh tingkat literasi. Namun, sayangnya pada tingkat literasi tertinggi, yaitu epistemic, Indonesia belum mencapai secara keseluruhan.
Copyrights © 2025