Pola komunikasi dalam konteks penelitian ini diartikan sebagai struktur atau pola hubungan antara guru dan murid di SMA Global Solusi Indonesia dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan yang memastikan pemahaman pesan oleh siswa. Penelitian ini fokus pada interaksi komunikasi efektif antara guru dan murid di SMA Global Solusi Indonesia untuk mengevaluasi efektivitas komunikasi dalam mendukung proses belajar-mengajar. Efektivitas komunikasi dalam konteks pendidikan diukur oleh kemampuan untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku siswa secara dialogis. Pentingnya kualitas penyampaian pesan melalui komunikasi verbal dan non-verbal tetap menjadi fokus, dan keterampilan komunikasi guru menjadi penentu utama keberhasilan komunikasi. Penerimaan pesan oleh siswa memberikan umpan balik yang positif, tidak hanya dalam konteks pembelajaran, tetapi juga melibatkan faktor kedekatan antara guru dan siswa sebagai tolak ukur dalam komunikasi interpersonal. Efektivitas komunikasi interpersonal diukur melalui keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan yang diterapkan guru kepada siswanya. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif-eksplanatif, yang mencakup gambaran dan penjelasan upaya-upaya untuk memahami perbedaan dan persamaan teknik pembelajaran yang baik dan benar di SMA Global Solusi Indonesia. Teknik analisis data mencakup transkrip wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, dan triangulasi untuk memastikan keakuratan dan validitas hasil penelitian.
Copyrights © 2025