Jurnal AKP
Vol 6, No 2 (2015): Jurnal AKP - Desember 2015

PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRASEKOLAH USIA 5-6 TAHUN

Nurjannah, Anifatur (Unknown)
Suryono, Suryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2017

Abstract

ABSTRAKBidang Keperawatan, Akademi Keperawatan Pamenang Pare – Kediri Perkembangan psikososial merupakan perkembangan yang berhubungan dengan perubahanperubahanperasaan atau emosi kepribadian serta perubahan dalam bagaimana individu berhubungandengan orang lain. Pada tahap ini anak sedang mengalami krisis psikososial initiative vs guilt dimanaanak lebih banyak bermain. Jika hal ini orang tua terutama ibu tidak mampu memfasilitasi anak untukberkembang maka anak akan mudah merasa bersalah terhadap dirinya. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang perkembangan psikososial anak prasekolah usia 5-6tahun. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasinya yaitu semua ibu yangmempunyai anak sekolah di TK “Kusuma Mulia” Dusun Bukaan Desa Keling sebanyak 104 ibu.Sampel penelitiannya adalah Ibu yang menjemput anaknya sekolah di TK “Kusuma Mulia” DusunBukaan Desa Keling. Sampel sebanyak 30 responden dengan teknik Purposif Sampling. Hasil penelitian menunjukkan 9 responden (30%) berpengetahuan baik, 13 responden (43%)memiliki pengetahuan cukup dan 8 responden (27%) memiliki pengetahuan yang kurang. Hal ini dapatdipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya usia, pendidikan, pekerjaan dan pengetahuan. Hasil penelitian yang membuktikan bahwa ibu yang cukup mengetahui tentang perkembangananak khususnya perkembangan psikososial lebih banyak namun ibu yang memiliki pengetahuan kurangjuga masih ada. Sehingga perlu adanya suatu tindakan penyuluhan yang bisa membantu ibu gunamengetahui tentang perkembangan anak khususnya perkembangan psikososial.Kata Kunci : Pengetahuan, Perkembangan Psikososial, Anak Prasekolah

Copyrights © 2015