Identitas gender didefinisikan sebagai sekumpulan pemikiran yang mencakup penilaian seseorang terhadap kesesuaian dan motivasi untuk menyesuaikan diri dengan kelompok gender tertentu. Pengenalan identitas gender perlu diajarkan kepada siswa sekolah dasar sejak dini agar mereka dapat mengetahui identitas dirinya, perannya dalam kehidupan, dan bagaimana ia berperilaku sesuai gendernya. Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk mengenalkan identitas gender pada anak yaitu melalui cerita bergambar. Berdasarkan analisis situasi didapatkan hasil bahwa pengenalan identitas gender belum dilakukan dengan tepat. Hal ini dilatarbelakangi adanya anggapan masyarakat terkait pengenalan identitas gender anak usia dini merupakan hal yang tabu. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru SD Muhamamdiyah Kab. Malang dalam penulisan cerita bergambar untuk pengenalan gender siswa Sekolah Dasar. Melalui pelatihan ini, guru-guru SD Muhammadiyah Kab. Malang akan diberikan pengetahuan, strategi, dan keterampilan dalam menulis cerita bergambar sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan identitas gender dan menumbuhkan literasi siswa. Metode pelaksanaan pada pengabdian ini yaitu persiapan, analisis kebutuhan SD Muhammadiyah Kab. Malang, penyusunan materi cerita bergambar berbasis pengenalan identitas gender, pelaksanaan pelatihan cerita bergambar berbasis pengenalan identitas gender, publikasi, dan pelaporan. Hasil dari kegiatan pelatihan yaitu guru dapat menulis cerita bergambar untuk pengenalan gender siswa Sekolah Dasar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025