Kappa Journal
Vol 9 No 1 (2025): April

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Fadholi, Affan Hilmi (Unknown)
Kosim, Kosim (Unknown)
Zuhdi, Muhammad (Unknown)
Ayub, Syahrial (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest with non-eqivalent control group design. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Utan, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII-2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional dan VII-1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berupa soal uraian dengan jumlah 5 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Hasil analisis posttest didapatkan data terdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis posttest diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 75,61 dan kelas kontrol sebesar 58,30. Hasil uji N-gain untuk kelas eksperimen diperoleh N-gain skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yaitu

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...