Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest with non-eqivalent control group design. Tempat penelitian di SMP Negeri 1 Utan, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII-2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran konvensional dan VII-1 sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berupa soal uraian dengan jumlah 5 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Hasil analisis posttest didapatkan data terdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis posttest diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 75,61 dan kelas kontrol sebesar 58,30. Hasil uji N-gain untuk kelas eksperimen diperoleh N-gain skor sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yaitu
Copyrights © 2025