Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Maret 2025

Analisis SWOT dalam Merumuskan Strategi Bersaing dengan Aplikasi Airbnb

Sapina, Kadek Resa (Unknown)
Darsana, I Made (Unknown)
Sudarmawan, I Wayan Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Madhava Enterpresis ialah perusahaan Start Up yang bergerak di bidang digital marketing untuk memasarkan suatu produk jasa penginapan berupa Villa dan Hotel. Perusahaan ini belum mengetahui apakah Aplikasi Airbnb yang mereka gunakan untuk memasarkan produk apakah mampu dijadikan strategi bersaing dengan perusahaan lainnya yang sama dengan PT Madhava Enterpresis dalam pemasaran Villa dan hotel. Metode pendekatan kualitatif dengan Teknik analisis berupa Analisis SWOT ialah metode yang dipakai, matriks IFAS EFAS melalui Wawancara dengan pihak perusahaan Madhava Enterpresis sebanyak 4 staff yang diwawancarai. Hasil dari riset ini bisa disimpulkan kalau (1) sisi internal diperoleh skor untuk kekuatan 1,45 dan kelemahan 0,85 dengan nilai total skor pada tabel 2,3 yang menunjukan bahwa kekuatan penggunaan Airbnb lebih besar dari kelemahaan (2) sisi eksternal diperoleh skor peluang 1,1 dan faktor ancaman 0,9 yang menunjukan bahwa peluang Airbnb lebih besar daripada ancaman. Sehingga bisa disimpulkan kalau strategi S-O adalah tindakan terbaik. Dengan mempraktikkan strategi ini, perusahaan akan bisa memaksimalkan keuntungannya serta memakai kekuatannya sekaligus menjadi lebih menguntungkan. Madhava Entrepreneur is a Start Up company engaged in digital marketing to market a lodging service product in the form of Villas and Hotels. The company does not yet know whether the Airbnb application they use to market products can be used as a strategy to compete with other companies similar to PT Madhava Entrepreneur in marketing villas and hotels. A qualitative approach method with analysis techniques in the form of SWOT analysis is the method used, IFAS EFAS matrix through interviews with Madhava Entrepreneur companies as many as 4 staff interviewed. The results of this research can be concluded that (1) the internal side obtained a score for strength 1.45 and weakness 0.85 with a total score value in table 2.3 which shows that the strength of using Airbnb is greater than weakness (2) the external side obtained an opportunity score of 1.1 and a threat factor of 0.9 which indicates that Airbnb's opportunities are greater than threats. So it can be concluded that the S-O strategy is the best course of action. By practicing this strategy, the company will be able to maximize its profits and use its strengths while being more profitable.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...