Tujuan. Prediksi penjualan dan persediaan adalah upaya penting untuk mengantisipasi permintaan konsumen di masa depan. Hal ini sangat penting untuk perencanaan strategi penjualan jangka panjang, yang didasarkan pada analisis data penjualan atau permintaan dari periode sebelumnya. Melalui penelitian ini, UMKM dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memprediksi penjualan dan persediaan dengan akurasi tinggi. Material dan Metode. Metodologi penelitian yang digunakan haruslah tepat. Penelitian ini dilakukan menggunakan perangkat lunak Rapidminer versi 10.3, dengan data penjualan dan persediaan dari tahun 2019 hingga 2024, serta menggunakan metode Naive Bayes. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi prediksi penjualan mencapai 84,62% dan akurasi prediksi persediaan sebesar 83,33%. Studi ini menunjukkan bahwa prediksi yang dihasilkan cenderung konsisten dengan data aktual. Kesimpulan. Berdasarkan hasil ini, UMKM Keripik Assri dapat lebih yakin dalam perencanaan stok dan strategi penjualan untuk kategori "Rendah" dan "Tinggi".
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025