Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business
Vol 5, No 1 (2025): Juni

ANALISIS TRANSAKSI E-COMMERCE DI FACEBOOK MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Mahasantri Dayah Darul Faizin Al-Aziziyah, Kota Lhokseumawe)

ABRAR, MUHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia bisnis. Perdagangan elektronik (e-commerce), khususnya melalui platform seperti Facebook Marketplace, memungkinkan terjadinya transaksi daring antar pengguna di wilayah tertentu. Penelitian ini mengkaji penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi e-commerce di Facebook Marketplace oleh mahasantri Dayah Darul Faizin Al-Aziziyah, Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan langsung terhadap pelaku usaha di platform tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar transaksi telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam, seperti keadilan dan transparansi. Namun, masih terdapat kendala berupa ketidakjelasan harga, deskripsi produk, dan perubahan harga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, yang melanggar asas al-'adl (keadilan) dan gharar (ketidakpastian). Oleh karena itu, diperlukan peningkatan edukasi berbasis digital dan pembentukan komunitas untuk mendukung penerapan prinsip syariah dalam berbisnis. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan transaksi yang dilakukan dapat lebih adil, transparan, dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

djieb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

DJIEB is an academic Indonesian journal published by Islamic economics study programme, Faculty of Economics and Business, Universitas Diponegoro, Semarang. it is dedicated to academicians, researchers, and practitioners who want to disseminate their idea or knowledge about various field of Islamic ...