ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies
Vol. 3 No. 1 (2025): ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies

Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Lingkungan

Rivaldo, Eifellino (Unknown)
Rifa'i, Ahmad (Unknown)
Vanado, Vandi (Unknown)
Ardi, Sahlan (Unknown)
Vincentius, Nathanel (Unknown)
Nurmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur  dan data diperoleh menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa perusahan memiliki tanggung jawab sosial untuk menjaga keberlanjutan ekologi. Hal tersebut dapat dicapai melalui berbagai kebijakan kemudian praktik, termasuk program penghijauan, pengelolaan dan daur ulang limbah, penggunaan energi terbarukan, dan pengurangan emisi karbon. Penerapan CSR memberikan dampak positif bagi lingkungan, masyarakat, dan perusahaan, antara lain mengurangi polusi, memulihkan ekosistem, meningkatkan citra perusahaan, dan mengefisienkan biaya operasional. Meskipun menghadapi tantangan seperti biaya implementasi yang tinggi dan kurangnya regulasi yang ketat, perusahaan yang menerapkan CSR secara efektif dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan memperoleh kepercayaan dari konsumen serta pemangku kepentingan lainnya.  Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial, Perusahaan, Lingkungan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ENCOMMUNICATION

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ENCOMMUNICATION: Journal of Communication Studies is a peer-review journal published by Enlightenment Publishing, Indonesia. We welcome all contributions on the following topics media, journalism, strategic communication and all field related to communication studies. The article that uses critical ...