Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 8, No 1 (2025)

Membangun Percaya Diri Siswa dalam Matematika: Tinjauan Sistematis Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Self-Efficacy

Sardin, Sardin (Unknown)
Kusumah, Yaya Sukjaya (Unknown)
Martadiputra, Bambang Aviv Priatna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis model pembelajaran yang berkontribusi terhadap peningkatan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 33 artikel dari jurnal pendidikan matematika terakreditasi SINTA 2 dan 3 di Indonesia selama periode 2015–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Problem Based Learning (PBL), CORE, Team Assisted Individualization (TAI), pembelajaran berbantuan Geogebra, RME, dan Reciprocal Teaching terbukti efektif dalam meningkatkan self-efficacy matematis siswa. Model PBL menjadi yang paling dominan karena berorientasi pada pemecahan masalah yang melibatkan partisipasi aktif siswa, menumbuhkan rasa percaya diri, dan memperkuat keyakinan akan kemampuan diri. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam membentuk efikasi diri siswa dan merekomendasikan PBL sebagai alternatif utama dalam pengembangan pembelajaran matematika yang humanis dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...