Keberadaan ilmu pengetahuan serta teknologi yang berkembang dengan cepat ditemui pada abad ke-21. Pada abad 21 ada penuntutan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia serta Pendidikan. Terlebih lagi kondisi pendidikan di Indonesia yang sekarang mengalami perubahan kurikulum menjadi kurikulum Merdeka memungkinkan guru dan siswa belajar secara bersamaan. Hal ini menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif dan produktif. dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi. Era revolusi industri 4.0 membuat segala kemudahan melakukan kegiatan pembelajaran berbasis digital dan internet. Dalam penelitian ini, peneliti akan membuat suatu E-modul. E-modul yang dikembangkan berbantuan Sigil software untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi virus. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-modul. Rancangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validitas E-modul dinyatakan sangat valid dengan persentase sebesar 92,36%. Kepraktisan E-modul dinyatakan sangat praktis dengan pemerolehan persentase 97,43% dan hasil uji keterbacaan pada tingkat 9 dengan kategori praktis. Keefektifan E-modul dalam aspek kognitif terkait analisis N-Gain hasil pretest dan posttest dinyatakan efektif dengan pemerolehan skor n-Gain sebesar 0,75 serta persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 100% dikategorikan tinggi dan tuntas. Hasil belajar siswa pada aspek afektif sebesar 96% termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar sikap yang diperoleh termasuk tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Pada aspek psikomotorik hasil belajar yang diperoleh sebesar 94% dalam kategori sangat baik dengan ketuntasan 100%. Dengan demikian, E-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif, praktis, dan valid untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya kelas X SMA.
Copyrights © 2025