Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif pada materi perubahan lingkungan bagi siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif dalam melatih keterampilan berpikir kreatif. Pengembangan e-book interaktif menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas 10.5 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Validitas e-book dinilai oleh dua validator, yakni ahli media dan ahli materi. Kepraktisan dievaluasi melalui uji keterbacaan, keterlaksanaan dalam pembelajaran, serta respons siswa, sedangkan keefektifan dinilai berdasarkan kemampuan berpikir kreatif. Validitas, kepraktisan, dan keefektifan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi e-book interaktif 95,86% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan mencapai keterbacaan pada level 11 artinya sesuai digunakan untuk kelas 10-12 SMA. Hasil observasi keterlaksanaan 96,4% dengan kategori sangat praktis. Respons siswa 95,8% dengan kategori sangat baik. Hasil latihan kemampuan berpikir kreatif pada indikator fluency rata-rata 88%; flexibility 85%; problem sensitivity 90%; originality 95%; dan elaboration 100%. Berdasarkan hasil tersebut, e-book interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025