Dalam kerangka Kurikulum Merdeka, keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan abad 21. Salah satu pembelajaran yang perlu dilatihkan pada peserta didik adalah pembelajaran berasis masalah, yang berkaitan dengan materi Perubahan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan kartu yang diberi nama Growed Card berbasis Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi Perubahan Lingkungan untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas X SMA yang layak, dilihat berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop¸Disseminate) dengan uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 peserta didik kelas X SMA di SMA Labschool Unesa 1. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Aspek kevalidan dilihat berdasarkan validitas Growed Card, aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas dan respon peserta didik, serta aspek keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil yang diperoleh berdasarkan aspek kevalidan dengan penilaian dari tiga validator memperoleh rata-rata skor sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Aspek kepraktisan dengan penilaian dari lima pengamat memperoleh rata-rata skor sebesar 100% dan respon positif peserta didik sebesar 97,67% sehingga termasuk kategori sangat praktis. Aspek keefektifan media pembelajaran dapat dinyatakan sangat efektif dari ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh rata-rata skor sebesar 84,85% dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,76 kategori peningkatan tinggi dan ketuntasan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebesar 89,5% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi.
Copyrights © 2025