Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
Vol. 14 No. 2 (2025)

Pengembangan LKPD Keanekaragaman Hayati Berbantuan E-Flashcard Berbasis Learning Cycle 5E untuk Melatih Literasi Biologi

Ayu Widianingrum, Lintang (Unknown)
Wisanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Literasi biologi menjadi kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran abad ke-21 untuk mengenali isu biologis dan mengintegrasikan ide dalam pengambilan keputusan. Rendahnya kemampuan literasi peserta didik menjadi hal penting untuk melatihkan kemampuan literasi biologi melalui penggunaan LKPD berbantuan E-Flashcard sebagai media belajar. Materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan pemahaman persebaran flora di Indonesia, serta menumbuhkan sikap ilmiah terhadap pelestarian keanekaragaman hayati. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD keanekaragaman hayati berbantuan E-Flashcard berbasis Learning Cycle 5E untuk melatih kemampuan literasi biologi peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan meliputi validasi berupa penilaian validasi, observasi berupa lembar observasi, angket berupa angket respons, dan tes berupa tes literasi biologi. LKPD berbantuan E-Flashcard dikembangkan menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Validitas berdasarkan penilaian ahli, kepraktisan berdasarkan observasi keterlaksanaan serta respons peserta didik, dan efektivitas berdasarkan ketercapaian literasi biologi. Subjek penelitian 20 peserta didik kelas X-C SMAS Kartika IV-3 Surabaya. Data dianalisis deskriptif kuantitatif dengan statistik sederhana berupa rata-rata dan persentase. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbantuan E-Flashcard yang memiliki fitur Think More, Explore More, Explain More, Follow More, dan Assesment More yang terhubung fase Learning Cycle 5E dan setiap level literasi biologi. Hasil validitas menunjukkan 3,96, penilaian observasi keterlaksanaan 96% dan respons peserta didik 97% Ketercapaian literasi biologi level nominal sebesar 100%, level fungsional 93%, level struktural 93,7%, dan level multidimensional 100%. Dapat disimpulkan LKPD keanekaragaman hayati berbantuan E-Flashcard berbasis Learning Cycle 5E dinyatakan layak diterapkan untuk melatih kemampuan literasi biologi peserta didik ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian ...