Keterampilan Proses Sains Terintegrasi (KPST) adalah kemampuan yang melibatkan serangkaian aktivitas ilmiah yang mengandalkan dasar-dasar keterampilan untuk membangun pengetahuan sekaligus memperdalam pemahaman melalui kegiatan investigasi. Penerapan model pembelajaran guided discovery dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pengembangan KPST. Penelitian ini bertujuan menciptakan LKPD valid, praktis, dan efektif. LKPD yang dirancang berbantu laboratorium virtual berbasis simulasi PhET dengan materi ekspresi gen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan pengembangan menggunakan model ADDIE, meliputi tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data terdiri dari lembar validasi LKPD, lembar observasi pelaksanaan LKPD, lembar tanggapan peserta didik, serta lembar soal pretest dan posttest. Validasi menunjukkan skor 3,85 yang menandakan LKPD sangat valid. Observasi pelaksanaan mendapatkan persentase 100%, sehingga tergolong sangat praktis. Respon positif yang diberikan peserta didik terhadap LKPD sebesar 94,53% termasuk kategori sangat praktis. Peningkatan KPST terlihat dari nilai N-gain sebesar 0,89 yang termasuk dalam kategori tinggi. Indikator KPST mencapai 58,07% pada pre-test dan meningkat menjadi 94,60% pada post-test. Kesimpulannya LKPD guided discovery dengan berbantu simulasi PhET yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2025