Pembiayaan melalui kredit merupakan komponen krusial dalam proses pembelian kendaraan, termasuk di Hyundai Wiyung Surabaya. Dealer ini menghadapi tantangan dalam menentukan kelayakan kredit bagi calon pembeli guna meminimalkan risiko keuangan, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta menjaga reputasi merek. Untuk meningkatkan akurasi dalam proses penentuan kelayakan kredit, Hyundai Wiyung Surabaya berencana menerapkan algoritma Naïve Bayes yang diakui keandalannya dalam klasifikasi dan prediksi. Algoritma ini banyak digunakan dalam industri keuangan dan e-commerce untuk menganalisis pola kredit pelanggan serta meningkatkan efisiensi keputusan berbasis data. Atribut/kriteria yang digunakan meliputi umur, jumlah anak, pendapatan, serta status rumah. Hasil pengujian menggunakan dataset dari Januari 2020 hingga Mei 2024 dengan 780 data menunjukkan akurasi rata-rata sebesar 79,8%. Hasil ini menunjukkan potensi penggunaan algoritma Naïve Bayes dalam meningkatkan ketepatan keputusan kelayakan kredit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025