Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat
Vol 6, No 2 (2025): Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat

PENDAMPINGAN STRATEGI BRANDING DALAM PROMOSI PENJUALAN PRODUK GULA AREN DI LOMBOK UTARA

Widhiartha, I Nyoman Chandra (Unknown)
Puspawati, Srirahayu (Unknown)
Sutriani, , Ida Ayu Nyoman (Unknown)
Suardana, I Ketut Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Artikel ini membahas tentang strategi branding dalam promosi penjualan produk gula aren di Desa Gegurik Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Pendampingan strategi branding kepada peserta bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam memasarkan gula aren, dengan tujuan untuk meningkatkan pengenalan dan daya tarik produk, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa kehadiran citra merek atau branding mempunyai pengaruh positif terhadap promosi penjualan gula aren. Awalnya penjualan hanya terjadi berdasarkan permintaan, namun setelah adanya perubahan desain kemasan dan penerapan strategi branding, terjadi peningkatan penjualan yang signifikan. Dahulu hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut dengan jangkauan pasar terbatas yang hanya terbatas pada Desa Gegurik, namun kini penerapan strategi branding telah meningkatkan pengakuan Desa Gegurik di kalangan konsumen. Keberhasilan penerapan branding memperluas pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap produk gula aren dari Desa Gegurik sehingga memberikan dampak positif terhadap penerimaan dan popularitas produk gula aren Desa Gegurik Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sawala

Publisher

Subject

Religion Arts Social Sciences

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal ini berkaitan dengan: Isu-isu mengenai Pembangunan Masyarakat Ekonomi Kreatif Pembangunan Partisipatif Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal Isu-isu mengenai Perubahan dan Perkembangan Kebudayaan Pemetaan dan Evaluasi Kebijakan Kebudayaan Kajian Pembangunan Budaya di ...