Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Vol. 1 No. 2 (2025): Student Journal

Analisis Perbandingan Konfigurasi Jembatan Model pada Rangka Baja Tipe Warren Truss dengan Konfigurasi Rangka Jembatan Gabungan Tipe Warren Truss dan K-Truss

Abrar, Muhammad Fathul (Unknown)
Arifi, Eva (Unknown)
Budio, Sugeng Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Sebagai komponen krusial dalam infrastruktur transportasi, jembatan memegang peran sentral dalam memfasilitasi mobilitas dan aktivitas ekonomi. Oleh karena itu efisiensi desain jembatan, khususnya dalam konfigurasi rangka, menjadi faktor krusial dalam mengoptimalkan kekuatan struktur serta menekan biaya dan dampak lingkungan. Penelitian ini membandingkan kinerja struktural jembatan rangka baja tipe Warren Truss dengan konfigurasi rangka gabungan Warren Truss–K-Truss, berfokus pada lendutan maksimum, efisiensi Demand Capacity Ratio (DCR), dan total berat material. Model jembatan skala dengan bentang 600 cm yang dianalisis menggunakan SAP2000, dengan pembebanan berupa berat sendiri dan beban terpusat plat baja 400 kg di tengah bentang. Hasil analisis menunjukkan konfigurasi gabungan mengalami lendutan maksimum 0,73040 mm, lebih kecil 16,82% dari Warren Truss murni 0,87809 mm. Dari segi DCR, konfigurasi gabungan lebih efisien pada elemen tarik (2,07%) dibandingkan Warren Truss (2,97%), namun sedikit kurang efisien pada elemen tekan 33,57% untuk konfigurasi gabungan dan 32,08% konfigurasi Warren Truss. Pada segi berat material, konfigurasi Warren Truss murni lebih ringan (144,83 kg) dibandingkan konfigurasi gabungan (165,62 kg). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa konfigurasi gabungan menawarkan performa lendutan yang superior dan efisiensi DCR tarik yang lebih baik, namun dengan konsekuensi berat material yang lebih tinggi. Pemilihan desain harus mempertimbangkan prioritas antara minimisasi lendutan dan efisiensi berat. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan desain jembatan yang optimal, khususnya dalam konteks kompetisi akademik dan aplikasi praktis di lapangan.

Copyrights © 2025