Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 120 Jakarta. Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang dapat dicapai setelah melaui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukan melalui nilai yang diberikan oleh seorang pendidik dari jumlah bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setiap kegiatan pembelanjaran tentunya selalu mengharapkan akan menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Data diambil melalui survey dan penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, ex post facto, eksperimen, naturalistic, policy research (Penelitian policy), action research, evaluasi da sejarah. Hasil dari penelitian ini adalah analisis koefisien determinasi (r²) variable perhatian orang tua (x1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 0.348. Hal ini berarti bahwa 34,8% variasi yang terjadi pada variable prestasi belajar (Y) dapat diprediksi oleh variabel perhatian orang tua (x1 ), atau dengan kata lain variabel perhatian orang tua sebagai variable predikator dapat diandalkan untuk memprediksi variabel prestasi belajar peserta didik SMP Negeri 120 Jakarta sebanyak 0,348%;
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024