Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, struktur modal, dan ukuran perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini mengevaluasi pengaruh profitabilitas terhadap harga saham, pengaruh struktur modal terhadap harga saham, dan pengaruh ukuran perusahaan terhadap harga saham. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data berupa regresi linear berganda. Data sekunder diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sektor Food and Beverage yang terdaftar di BEI selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, yang mengindikasikan bahwa semakin tinggi profitabilitas perusahaan, semakin meningkat harga sahamnya. Struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, menunjukkan bahwa komposisi pendanaan perusahaan tidak secara langsung memengaruhi persepsi investor terhadap nilai saham. Sebaliknya, ukuran perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, yang mengindikasikan bahwa perusahaan dengan skala yang lebih besar cenderung memiliki harga saham yang lebih rendah. Penelitian ini memberikan wawasan bagi investor dan manajemen perusahaan dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi harga saham di sektor Food and Beverage, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalias karyawan.
Copyrights © 2025