Kecanduan media sosial menjadi masalah umum dalam kehidupan remaja dan dipengaruhi oleh kecemasan sosial serta harga diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kecemasan sosial dan harga diri dengan kecanduan media sosial pada siswa SMA N 9 Padang. Menggunakan pendekatan kuantitatif cross sectional, sampel terdiri dari 297 siswa kelas X dan XI yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian meliputi Bergen Social Media Addiction (BSMAS) untuk mengukur kecanduan media sosial, Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) untuk mengukur kecemasan sosial dan Rosenberg Self Esteem Scale (RSES) untuk mengukur harga diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat kecanduan media sosial, kecemasan sosial, dan harga diri yang tinggi, dengan nilai tengah masing-masing (56,00) (59,00) dan (28,00). Uji Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kecemasan sosial dan kecanduan media sosial (p=0,001) (r=0,444), serta antara harga diri dan kecanduan media sosial (p=0,001) (r= -0,318). Artinya, semakin tinggi kecemasan sosial maka semakin besar kecanduan media sosial, sebaliknya semakin rendah harga diri semakin tinggi kecanduan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025