JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 7 No. 1 (2025): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi Mei 2025

Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality (AR) Pada SDN 24 Temmalebba

Salsabila, Azisa (Unknown)
Nirsal, Nirsal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Rancang bangun media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk pengenalan bangun ruang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran geometri. Metode pembelajaran tradisional sering kali menghadapi kesulitan dalam menyampaikan aspek spasial dan visual dari objek tiga dimensi secara efektif. Dengan memanfaatkan teknologi AR, penelitian ini menawarkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan imersif, memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan berinteraksi dengan bangun ruang dalam waktu nyata. Penelitian ini berfokus pada proses perancangan, pengujian fungsionalitas, dan evaluasi kegunaan media pembelajaran berbasis AR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis AR secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geometri serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan alat pendidikan inovatif yang menjembatani kesenjangan antara pemahaman teoretis dan praktis dalam pendidikan geometri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...