Jemasi Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol 21 No 1 (2025): Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

MEMAHAMI NIAT BELANJA LIVE-STREAMING MELALUI GRATIFIKASI KONSUMEN DAN EFEK JARINGAN

Lady, Lady (Unknown)
Owen, Owen (Unknown)
Purwianti, Lily (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Belanja melalui live-stream semakin populer, terutama di Asia Tenggara, namun penelitian mengenai niat konsumen dalam konteks ini masih terbatas. Penelitian ini mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi niat belanja live-stream dengan mengintegrasikan Teori Uses and Gratifications dan persepsi ukuran jaringan. Data dikumpulkan dari 310 responden Indonesia yang memiliki pengalaman belanja live-stream dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer secara signifikan meningkatkan kenikmatan (enjoyment) dan interaksi sosial yang dirasakan, tetapi tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap manfaat yang dirasakan (perceived utility). Selain itu, kenikmatan, interaksi sosial yang dirasakan, dan manfaat yang dirasakan memiliki pengaruh positif terhadap niat belanja live-stream. Analisis mediasi menunjukkan bahwa kenikmatan menjadi mediator signifikan antara pengaruh influencer terhadap niat belanja live-stream. Sebaliknya, interaksi sosial yang dirasakan dan manfaat yang dirasakan tidak memediasi pengaruh tersebut secara signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi platform dan penyelenggara live-stream untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen melalui fitur interaktif dan peran influencer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jemasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jemasi (1858-2702) is a peer-reviewed journal which is published by Economic Faculty Universitas IBA publishes biannually in June dan December. It is also published in two versions; print out and electronic. This journal provides immediate open access to its content on the principle that making ...