Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Ashari, Hilda (Unknown)
Makmur, Elfira (Unknown)
Hamris, Hamidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik di Sekolah Dasar, khususnya dalam mata pelajaran IPA di UPTD SDN 72 Pakalu II Kabupaten Maros, setelah menerapkan media pembelajaran Wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 28 responden, dan analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS, mencakup uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif data, perbandingan nilai rata-rata peserta didik sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran Wordwall. Implementasi media Wordwall dalam penelitian ini dijadikan sebagai media pembelajaran tambahan selama II siklus, pembelajaran yang terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Wordwall dalam proses pembelajaran IPA berada pada kategori sangat baik. Sebelum penerapan Wordwall tercatat nilai rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 75. Setelah penerapan Wordwall, tercatat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA dengan nilai rata-rata sebesar 87, peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV sebelum penerapan dan sesudah penerapan Wordwall sebesar 15%. Observasi peneliti juga mencatat bahwa peningkatan motivasi belajar pada Siklus I di pertemuan pertama memperoleh hasil persentase 50% dan pertemuan kedua memperoleh hasil persentase 80%, sementara itu pada pertemuan ketiga memperoleh hasil persentase 85%. Kemudian pada Siklus II di pertemuan pertama memperoleh hasil persentase sebesar 90%, pada pertemuan kedua memperoleh hasil persentase 100% dan pada pertemuan ketiga diperoleh persentase yang konsisten dengan pertemuan kedua yaitu sebesar 100%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...