Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT TEAMS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 1 SINJAI

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Firanti, Firda Ayu (Unknown)
Mustamin, Mustamin (Unknown)
Triantini, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran Microsoft Teams terhadap hasil belajar TIK materi berpikir komputasional. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan sampel penelitian adalah 19 siswa kelas VII 4 di SMP Negeri 1 Sinjai Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai statistik, perbandingan kategori hasil belajar, dan perbandingan tingkat ketuntasan telah membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat melalui analisis statistik deskriptif. Rata-rata nilai siswa masih di bawah nilai Kriteria Ketuntusan Minimal sebelum menggunakan media Microsoft Teams yaitu 61.1, sedangkan setelah menggunakan media Microsoft Teams terjadinya peningkatan menjadi 83.64. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diterapkannya media pembelajaran Microsoft Teams, sehingga penggunaan media pembelajaran microsoft teams dalam pembelajaran pada mata pelajaran TIK VII 4 SMP Negeri 1 Sinjai dinilai berhasil atau efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...