Globalisasi mendatangkan peluang pasar, potensi, serta tantangan bisnis bagi seluruh bisnis yang ada di dunia. Cara bisnis beroperasi telah berubah dengan adanya perkembangan teknologi dan internet yang memungkinkan suatu entitas bisnis untuk mengakses pasar global dengan lebih mudah serta efektif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi optimalisasi pemanfaatan marketplace yang dilakukan UMKM Batik Naufa Kencana dengan menganalisis negara yang paling potensial, membuat strategi pemasaran, dan mencari tahu marketplace mana yang paling sesuai untuk UMKM Batik Naufa Kencana memasuki pasar global. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan kualitatif dengan analisis riset pasar, analisis internal untuk mengetahui kondisi perusahaan, dan analisis eksternal yang terdiri dari analisis PEST (Politic, Economic, Social, & Technology) serta analisis Porter Five Force’s. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa negara yang paling potensial untuk memasarkan batik adalah Australia dan menggunakan Amazon sebagai platform pemasaran. Strategi pemasaran yang disusun menggunakan Marketing Mix 4P, UMKM Batik Naufa Kencana harus melakukan penyesuaian bahan baku dan desain produk, menjual produknya mulai Rp 639.600 atau setara dengan AUD 62 per pcs, menggunakan Amazon sebagai marketplace utama, serta melakukan listing produk dengan optimal dan berpartisipasi dalam pameran perdagangan baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun Australia. Kata Kunci: Batik, Strategi Pemasaran, Marketplace, Riset Pasar
Copyrights © 2025