Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan literatur sistematis (Systematic Literature Review/SLR) terhadap studi-studi terkait digital marketing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Utara yang dipublikasikan dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir (2018–2025). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tren penelitian, karakteristik metodologis, serta fokus strategis yang berkembang dalam studi-studi tersebut. Delapan kategori analisis digunakan dalam kajian ini, yakni: Analisis Bibliografi, yang menunjukkan puncak jumlah penelitian terjadi pada tahun 2022 (7 studi), kemudian menurun pada 2023 (3 studi) dan naik kembali pada 2024, serta memperlihatkan bahwa mayoritas artikel diterbitkan pada jurnal berindeks SINTA 6, disusul SINTA 5 dan SINTA 4; Area Penelitian, yang didominasi wilayah Manado dan Minahasa; Fokus Industri, yang paling banyak diteliti adalah industri kuliner dan aneka industri; Desain Penelitian, dengan dominasi pendekatan kuantitatif asosiatif dan kualitatif deskriptif; Alat Analisis, yang paling sering digunakan adalah analisis naratif dari hasil wawancara serta analisis regresi; Metode Pengumpulan Data, didominasi oleh penggunaan kuesioner dan wawancara; dan Implementasi Strategi, di mana sebagian besar studi membahas penerapan digital marketing secara umum, disusul oleh fokus pada pemasaran media sosial dan content marketing. Temuan ini memberikan pemetaan awal yang penting untuk memahami arah dan karakteristik penelitian digital marketing pada UMKM di Sulawesi Utara, serta dapat menjadi landasan bagi penelitian dan kebijakan lebih lanjut yang kontekstual dan aplikatif.
Copyrights © 2025