Journal of Counseling, Education and Society
Vol 6, No 1 (2025): Journal of Counseling, Education and Society

Evaluasi program pendidikan

Nasution, Inom (Unknown)
Faeyza, Affiq (Unknown)
Lestari, Inda (Unknown)
Aini, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2025

Abstract

Evaluasi program pendidikan merupakan proses sistematis untuk menilai sejauh mana program pendidikan telah mencapai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah yang relevan. Tujuan evaluasi meliputi pengukuran efektivitas program, pemberian umpan balik untuk perbaikan, dan penyediaan informasi bagi pengambil keputusan. Model evaluasi seperti CIPP digunakan untuk memperoleh gambaran menyeluruh terhadap konteks, input, proses, dan hasil program. Hasil kajian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi masih menghadapi kendala di lapangan, seperti kurangnya pemahaman guru dan terbatasnya instrumen evaluasi. Oleh karena itu, perlu peningkatan kapasitas pendidik serta sistem evaluasi yang lebih terstruktur untuk mendukung mutu pendidikan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jces

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Public Health Social Sciences

Description

Journal of Counseling, Education and Society a peer-refereed open-access international journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, ...