Mobile banking telah menjadi sarana yang sangat efektif untuk memudahkan transaksi keuangan, memantau saldo, dan melakukan pembayaran. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi dan preferensi konsumen generasi Z terhadap mobile banking dalam pengalaman belanja digital mereka. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Pekalongan dari tanggal 1 Mei 2024 sampai 18 Mei 2024. Sumber data untuk penelitian ini akan diperoleh melalui beberapa metode, termasuk wawancara observasi dan analisis konten terhadap review dan komentar pengguna tentang pengalaman mereka dengan mobile banking. Hasil menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap aplikasi mobile banking saat berbelanja di era digital karena kemudahan dan kepraktisannya mempengaruhi minat mereka untuk menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini mempengaruhi perilaku konsumtif konsumen, dengan mereka lebih cenderung untuk membeli produk dan jasa secara online. Preferensi generasi Z dalam menggunakan mobile banking yaitu karena kemudahan, fitur yang ditawarkan terhubung dengan e-commerce sehingga mempengaruhi preferensi mereka untuk menggunakan mobile banking
Copyrights © 2025