Tren data mining, didorong AI dan ML, berkembang pesat dengan adopsi luas di berbagai industri. Algoritma Apriori efisien menemukan pola asosiatif dalam dataset besar, khususnya analisis transaksi penjualan produk. Implementasi data mining pada penjualan handphone meningkatkan keputusan bisnis, memahami pola pembelian, dan memprediksi tren pasar masa depan. Penelitian ini bertujuan memahami signifikansi kontribusi algoritma Apriori dalam menetapkan strategi penjualan handphone oleh suatu bisnis. Data yang digunakan adalah transaksi penjualan unit handphone Infinix pada periode Maret hingga April 2020 oleh merchant di Jakarta. Tujuan penggunaan data adalah untuk mengetahui merek handphone Infinix yang laris dijual. Berdasarkan hasil analisis algoritma Apriori, yang meninjau menurut aturan asosiasi, disimpulkan bahwa merek Infinix S5, Infinix S5 Lite, dan Infinix Hot 8, merupakan merek handphone yang paling laris terjual oleh bisnis tersebut, dengan nilai confidence mencapai 100%. Penjual handphone dapat menggunakan data untuk melakukan pemasaran produk terkait, dalam meningkatkan jumlah transaksi di masa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025