Publish : Basic and Applied Research Publication on Communications
Vol. 3 No. 2 (2024)

Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Jiwa Toast Cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur

Titah Putri Utami (Unknown)
Rosit, Muhamar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Perkembangan dan persaingan bisnis di bidang kuliner semakin memunculkan ide-ide kreatif para pemilik usaha kuliner, terutama pada era pandemi sejak awal tahun 2020 hingga 2022. Berbagai upaya dilakukan oleh para pemilik usaha dan upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan merencanakan, mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran serta mengevaluasi hasilnya. Guna meningkatkan brand awareness, citra positif dan peningkatan penjualan maka dapat dilakukan dengan menerapkan bauran komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan bauran komunikasi pemasaran Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara. Informan pada penelitian ini yaitu pemilik dan salah seorang karyawan Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur dan tiga informan yang merupakan pelanggan loyal Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bisnis Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur telah menerapkan sejumlah bauran komunikasi pemasaran seperti iklan, promosi penjualan, humas, penjualan personal dan pemasaran langsung. Penerapan bauran komunikasi pemasaran pada Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur membuat bisnis berjalan lebih stabil dan mampu bertahan saat melewati masa pandemi Covid-19. Melalui hasil penelitian tersebut, diharapkan Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur dapat memanfaatkan bentuk bauran komunikasi pemasaran lainnya yaitu acara dan pengalaman, pemasaran interaktif dan pemasaran dari mulut ke mulut agar lebih meningkatkan hubungan baik yang lebih erat dengan pelanggan dan juga akan mendukung peningkatan penjualan di waktu yang akan datang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

publish

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Publish: Basic and Applied Research Publication on Communications adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, Jakarta. Publish: Basic and Applied Research Publication on Communications terbit sejak tahun 2022, dua kali dalam setahun, pada bulan Mei dan ...