Artikel ini membahas paradigma psikologi pendidikan ditinjau dari filsafat psikologi. Berangkat dari kesadaran akan pentingnya nilai-nilai filosofis seperti ontologi, epistemologi, dan aksiologi, penulis mengkaji keterkaitan antara perkembangan psikologi pendidikan dan kebutuhan kontekstual Indonesia yang berakar pada nilai-nilai Pancasila. Tujuannya adalah untuk menganalisis dasar keilmuan, prinsip manusia, dan penerapan teori psikologi pendidikan yang disesuaikan dengan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap referensi filsafat ilmu, psikologi pendidikan, dan nilai-nilai filosofis pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi epistemologi Barat dan kearifan lokal dapat membentuk pendekatan psikologi pendidikan yang holistik, mencakup dimensi kognitif, afektif, spiritual, dan sosial. Kesimpulannya, penguatan landasan filosofis dalam psikologi pendidikan sangat penting untuk membentuk kurikulum, metode pembelajaran, dan kebijakan pendidikan yang relevan dengan tantangan lokal dan global.
Copyrights © 2024