Sultan Idris Journal of Psychology and Education
Vol 4 No 1 (2024): Sultan Idris Journal of Psychology and Education

Paradigma Psikologi Pendidikan: Tinjauan Filsafat Psikologi

Sipahelut, Junita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Artikel ini membahas paradigma psikologi pendidikan ditinjau dari filsafat psikologi. Berangkat dari kesadaran akan pentingnya nilai-nilai filosofis seperti ontologi, epistemologi, dan aksiologi, penulis mengkaji keterkaitan antara perkembangan psikologi pendidikan dan kebutuhan kontekstual Indonesia yang berakar pada nilai-nilai Pancasila. Tujuannya adalah untuk menganalisis dasar keilmuan, prinsip manusia, dan penerapan teori psikologi pendidikan yang disesuaikan dengan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap referensi filsafat ilmu, psikologi pendidikan, dan nilai-nilai filosofis pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi epistemologi Barat dan kearifan lokal dapat membentuk pendekatan psikologi pendidikan yang holistik, mencakup dimensi kognitif, afektif, spiritual, dan sosial. Kesimpulannya, penguatan landasan filosofis dalam psikologi pendidikan sangat penting untuk membentuk kurikulum, metode pembelajaran, dan kebijakan pendidikan yang relevan dengan tantangan lokal dan global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SIJOPE

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Scope: Educational Psychology, Developmental Psychology, Organization Psychology, Clinical Psychology, and Social Psychology. This journal examines academic exploration and publishes the findings of psychological research and its application in schools, colleges, universities, Islamic educational ...