Journal of Public Health Innovation (JPHI)
Vol 5 No 2 (2025): Journal of Public Health Innovation (JPHI)

Hubungan bimbingan guru kelas terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat

Rahmansyah, Egi (Unknown)
Hamzah, Amir (Unknown)
Utami, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Latar Belakang: Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tingkat sekolah dasar bertujuan utama untuk mendukung kepala sekolah, guru, dan siswa dalam mengadopsi pola hidup yang sehat dan bersih. Penerapan PHBS di sekolah dasar sangat penting dalam mencegah berbagai masalah kesehatan serta menjamin keselamatan dan kesejahteraan anak-anak serta seluruh anggota komunitas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh bimbingan guru kelas terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SDN Wargasari, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.Metode: Pendekatan kuantitatif dan desain cross-sectional. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa kelas 4 dan 5. Dalam penelitian ini, kami menerapkan teknik total sampling, di mana seluruh populasi yang berjumlah 50 orang dijadikan sampel. Analisis data dilakukan menggunakan uji Chi Square.Hasil: Hasil dari uji statistik Chi Square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan.Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara bimbingan guru kelas dengan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri Wargasari. Disarankan agar guru meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui pelatihan terkait PHBS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jphi

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Epidemiologi Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Kesehatan Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Ergonomi Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan Ibu dan Anak Kesehatan Reproduksi Hukum kesehatan Gizi Kesehatan Masyarakat Kependudukan Kesehatan Perkotaan dan Pedesaan Pengendalian Vektor ...