Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan dan kreatif semakin berkembang pesat seiring dengan meningkatnya akses terhadap perangkat lunak berbasis digital. Salah satu aplikasi yang banyak dimanfaatkan dalam bidang kreatif adalah CapCut, sebuah perangkat lunak penyuntingan video yang menawarkan fitur-fitur canggih dan mudah digunakan. Proposal ini mengusulkan pemanfaatan CapCut sebagai sarana untuk meningkatkan keterampilan digital mahasiswa, khususnya dalam bidang pembuatan konten kreatif yang mendukung pembelajaran dan pengembangan keterampilan multimedia. PKBM Penerus Bangsa berfungsi sebagai lembaga yang menyediakan layanan pendidikan bagi masyarakat yang tidak dapat mengakses pendidikan formal. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. PKBM Penerus Bangsa sering menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, infrastruktur teknologi yang kurang memadai, dan keterbatasan akses terhadap pelatihan teknologi digital. Keterbatasan ini dapat menghambat upaya peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan siswa/i PKBM. Hasil yang diharapkan dari implementasi program ini mencakup peningkatan keterampilan digital siswa/i PKBM Penerus Bangsa, terbentuknya komunitas kreatif yang produktif, serta kontribusi nyata dalam dunia pendidikan melalui produksi konten-konten edukatif yang inovatif. Dengan demikian, pemanfaatan CapCut dalam dunia pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu teknis, tetapi juga sebagai sarana pengembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri modern. Keberlanjutan program ini akan dijaga melalui kolaborasi dengan berbagai pihak serta penyelenggaraan pelatihan lanjutan yang dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. Dengan adanya upaya berkelanjutan, diharapkan program ini dapat menjadi model pelatihan keterampilan digital yang dapat direplikasi di berbagai institusi pendidikan lainnya. Sedangkan luaran yang akan dihasilkan dari kegiatan ini adalah laporan akhir, jurnal ISSN dan tulisan ilmiah pada media massa online.
Copyrights © 2025