Dapodik (Data Pokok Pendidikan) merupakan sumber data utama yang sangat penting dalam mendukung berbagai program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi seperti Bantuan Operasional Sekolah/Pendidikan, penyaluran tunjangan guru, Program Indonesia Pintar, Asesmen Nasional, Akreditasi Sekolah, dan bantuan lainnya. Meskipun pemanfaatannya semakin meluas hingga ke daerah seperti Kabupaten Karawang, masih terdapat kendala dalam hal kenyamanan dan kemudahan penggunaan aplikasi oleh operator sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat usability aplikasi Dapodik menggunakan pendekatan Website Usability Evaluation Tool (WEBUSE). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada operator Dapodik di beberapa sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aspek Content, Organization, and Readability (X1) memperoleh skor 0,79 (kategori “Good”), Navigation and Links (X2) memperoleh skor 0,80 (kategori “Excellent”), User Interface Design (X3) memperoleh skor 0,80 (kategori “Excellent”), dan Performance and Effectiveness (X4) memperoleh skor 0,78 (kategori “Good”). Secara keseluruhan, aplikasi Dapodik menunjukkan tingkat usability yang baik hingga sangat baik dan hasil ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengembangan lebih lanjut terhadap kualitas antarmuka dan performa aplikasi.
Copyrights © 2025