Dalam era digital, optimalisasi website menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) menjadi strategi utama dalam meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode SEO yang paling banyak digunakan, jenis website yang menerapkan metode tersebut, serta efektivitas penerapannya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan sistematis dengan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis) Penelitian ini dilakukan terhadap 31 artikel yang memenuhi kriteria seleksi dari total 6.987 artikel yang diperoleh dari berbagai basis data akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SEO On-Page merupakan metode yang paling banyak diterapkan, terutama pada website e-commerce, bisnis, dan akademik. Selain itu, tingkat keberhasilan penerapan SEO pada website mencapai 81% dengan kategori "Efektif", menunjukkan bahwa strategi SEO memberikan dampak positif terhadap peningkatan lalu lintas dan keterlihatan website. Meskipun demikian, optimalisasi SEO yang dilakukan secara konsisten dan disesuaikan dengan kebutuhan website menjadi faktor utama dalam mencapai efektivitas yang lebih tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025