Bank BTN mengembangkan aplikasi BTN mobile dengan tujuan untuk mempermudah pengguna atau nasabah dalam bertransaksi di kehidupan sehari-hari. Faktanya BTN mobile sering mengalami error dan cukup banyak fitur dalam BTN mobile yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam bertransaksi berdasarkan ulasan pada Google Playstore memiliki rating 3.1 dari 5. Selain rating, user juga banyak memberikan ulasan negatif daripada ulasan positif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penggunaan aplikasi BTN mobile menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Penelitian dimulai dengan penyebaran angket kuesioner kepada 50 responden yang mayoritas mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Hasil yang diperoleh mencapai nilai rata-rata 64,85. Aplikasi BTN mobile berada pada tingkat “D” atau dikategorikan sebagai “Poor” dan masuk dalam kategori “Marginal” untuk tingkat pengukuran acceptability. Meskipun hasil yang diperoleh kurang baik, aplikasi BTN mobile dapat melakukan perbaikan yang bisa difokuskan kepada aspek-aspek yang dinilai masih rumit dan membingungkan oleh pengguna BTN mobile.
Copyrights © 2025