Perkembangan layanan keuangan digital di Indonesia semakin pesat, dengan Bank Jago sebagai salah satu pelopor bank digital yang mencatatkan pengguna terbanyak pada tahun 2022, namun nyatanya masih banyak pengguna yang mengeluhkan kinerja aplikasi ini. Dengan adanya fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerimaan aplikasi Bank Jago dengan mengadopsi model UTAUT2. Metode penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan PLS-SEM. Sampel penelitian terdiri dari 584 responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling mengacu pada rumus Slovin dari populasi pengguna aktif aplikasi Bank Jago yang telah menggunakan aplikasi dalam satu bulan terakhir. Hasil evaluasi menyatakan bahwa dari sembilan hipotesis yang diajukan, hanya enam hipotesis yang diterima. Variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Behavioral Intention adalah Performance Expectancy, Social Influence, Hedonic Motivation, dan Price Value. Sementara untuk variabel Habit dan Behavioral Intention secara signifikan memengaruhi Use Behavior. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk strategi pemasaran dan pengembangan fitur aplikasi Bank Jago, serta menjadi acuan bagi lembaga keuangan digital lainnya dalam mendorong adopsi teknologi.
Copyrights © 2025