Aplikasi figma merupakan alat desain UI/UX yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literas digital di era perkembangan teknologi saat ini. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berbentuk sosialisasi tentang penggunaan aplikasi figma sebagai alat desain UI/UX. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan literasi digital siswa SMK Negeri 1 Lubuklinggau. PKM ini juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan desain UI/UX siswa agar dapat bersaing di industri kreatif digital. Audience dari kegiatan ini siswa SMK Negeri 1 Lubuklinggau khususnya kelas XII Jurusan Multimedia. Metode pelaksanaan sosialisasi ini yaitu ceramah, diskusi, serta tanya jawab. Tahap ceramah dilakukan dengan presentasi materi yang meliputi pengenalan desain UI/UX, tahapan membuat desain UI/UX, hingga manfaat dan penggunaan aplikasi Figma. Dilanjutkan dengan tahap diskusi dan tanya jawab oleh peserta dan tim PKM terkait materi yang diberikan. Kegiatan diakhiri dengan kuis berhadiah bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari pemateri. Hasil dari kegiatan ini pemahaman literasi digital yang baik, menambah pemahaman tentang desain UI/UX serta pemanfaatan aplikasi Figma sebagai alat desain UI/UX. Rencana tindak lanjut yang akan derealisasikan yaitu mengadakan pelatihan kepada siswa tentang penggunaan aplikasi Figma sebagai alat desain UI/UX, untuk mempersiapkan siswa berkarir dalam desain digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025