Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

EFEKTIVITAS GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SISWA DAN PENGAJAR

Gobang, Paulina Masliani (Unknown)
Repe, Maria Restina (Unknown)
Mandona, Kartika Chandra Kirana (Unknown)
Kendo, Yuliana Daka (Unknown)
Sari, Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam dunia pendidikan, salah satunya melaui Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran daring sekaligus mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan interaksi antara siswa dan guru di SMA Negeri 1 Nangapanda. Metode yang digunakan adalah mixed methods, yaitu gabungan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan SPSS, sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara dan dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa dan satu orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Google Classroom memiliki tingkat efektivitas yang tinggi, dengan skor rata-rata 44,00 dan persentase efektivitas sebesar 84% serta tingkat interaksi antara siswa dan guru yang juga tinggi, yaitu 86%. Temuan ini menunjukkan bahwa google classroom tidak hanya berfungsi sebagai media pembelajaran digital, tetapi juga mampu memperkuat keterlibatan antara guru dan siswa. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam optimalisasi pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan interaksi di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...