Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia
Vol 3 No 2 (2025): Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia

EVALUASI KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI WILAYAH KECAMATAN MAGELANG SELATAN

Rastrasila, Dwika (Unknown)
Syaflan, Meidi (Unknown)
Sulastiningsih, Sulastiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Account Representative dalam upaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajakdi wilayah Kecamatan Magelang Selatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data primer diambil secara langsung dari lokasi penelitian melalui wawancara (Indeepth Interview) kepada informan, data sekunder berupa dokumen-dokumen tertulis dari KPP Pratama Magelang, seperti data sekunder tentang struktur organisasi KPP Pratama Magelang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis), terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum optimalnya kinerja Account Representative dalam upaya meningkatkan kepatuhan Wajib Pajakdi wilayah Kecamatan Magelang Selatan disebabkan karena database Wajib Pajak yang belum lengkap dan akurat, Tim Satgas belum optimal, Wajib Pajak belum bisa mengisi SPT Tahunan secara mandiri, dan pengetahuan Wajib Pajak tentang kewajiban perpajakan masih kurang. Upaya untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak di antaranya dengan pemutakhiran database Wajib Pajak, meningkatkan informasi untuk mengingatkan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, melakukan kegiatan pendampingan pengisian SPT Tahunan dengan bekerja sama dengan kelurahan setempat dan meningkatkan sosialiasi dan penerbitan sanksi berupa STP. This study aims to determine and analyze Account Representative Performance in an effort to increase taxpayer compliance in the Magelang Selatan District area. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. Primary data is taken directly from the research location through interviews (Indeepth Interview) to informant, secondary data is in the form of written documents from the Pratama Magelang Tax Service Office, such as secondary data about the organizational structure of the Pratama Magelang Tax Service Office. The data analysis technique used in this study is an interactive model of analysis, consisting of data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that Account Representatives performance in the Magelang Selatan District areain an effort to increase taxpayer compliance was due to incomplete and accurate taxpayer databases, the Task Force Team was not optimal, taxpayers could not fill out annual tax returns independently, and Taxpayers' knowledge of tax obligations is still lacking. Efforts to improve taxpayer compliance, including updating the taxpayer database, increasing information to remind the obligation to report the Annual Tax Return, conducting assistance activities in filling out the Annual Tax Return in collaboration with the Urban Village Government and increasing socialization and issuing sanctions.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Indonesia adalah jurnal dengan proses peer review. Jurnal diterbitkan empat kali dalam setahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Widya Wiwaha diterbitkan oleh STIE Widya Wiwaha. Jurnal Riset Manajemen Akuntansi Widya ...