Jurnal Tren Bisnis Global
Vol 5, No 1 (2025): JURNAL TREN BISNIS GLOBAL

Pengaruh Exclusivity dan Customer Value Terhadap Purchase Intention pada Model Bisnis Freemium dalam Mobile Application

Dedi, Dedi (Unknown)
Putro, R. Andy Oetario (Unknown)
Sakti, Satria Audria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Aplikasi mobile freemium merupakan model bisnis digital yang mengandalkan eksklusivitas dan nilai pelanggan untuk memengaruhi minat beli pengguna. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kedua faktor tersebut terhadap minat beli, dengan metode deskriptif kuantitatif pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Hasil menunjukkan bahwa eksklusivitas secara parsial tidak berpengaruh signifikan (t-hitung 1,297 < t-tabel 1,986; signifikansi 0,198 > 0,05), sedangkan nilai pelanggan berpengaruh signifikan (t-hitung 6,405 > t-tabel; signifikansi 0,000 < 0,05). Secara simultan, keduanya berpengaruh terhadap minat beli (F-hitung 93,191 > F-tabel; signifikansi 0,000 < 0,05). Artinya, untuk meningkatkan minat beli pengguna, eksklusivitas perlu didukung oleh strategi yang menekankan pada nilai pelanggan yang kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JTBG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Tren Bisnis Global (JTBG) adalah jurnal akses terbuka peer-review yang diterbitkan dua kali setahun (Mei dan November), jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal JTBG bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti dan ...